JANGAN ANGGAP REMEH! BERIKUT 5 ALASAN MENGAPA RIBA DIHARAMKAN

Sadarkah anda, bahwa semakin modern zaman, manusia semakin menganggap remeh dosa riba? Riba masa kini semakin tertata sehingga orang banyak yang tidak sadar bahwa sebenarnya mereka sedang melakukan transaksi riba. Sampai kapanpun riba akan terus berkembang sesuai zaman, semakin canggih teknologi maka riba juga akan semakin transparan. Mungkin masih banyak yang belum mengerti mengapa riba diharamkan dalam agama islam. Berikut 5 alasannya:

  1. Pelaku Riba Dilaknat dan Diperangi Allah

Alasan mengapa riba diharamkan yang petama adalah karena pelaku riba dilaknat dan diperangi langsung oleh allah dan para rasulnya. Hal ini sudah tercantum dalam al qur’an, “Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (QS. Al-Baqarah: 279).

  • Riba Termasuk 7 Dosa yang Membinasakan

Alasan mengapa riba diharamkan yang kedua adalah karena riba termasuk 7 dosa yang membinasakan. Hal ini telah disabdakan rasulullah saw dalam sebuah kisah. “Hendaklah kalian menghindari tujuh dosa yang dapat menyebabkan kebinasaan.” Dikatakan kepada beliau, “Apakah ketujuh dosa itu wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab: “Dosa syirik (menyekutukan Allah), sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk dibunuh kecuali dengan alasan yang benar, memakan harta anak yatim, memakan riba, lari dari medan perang, dan menuduh wanita mukminah baik-baik berbuat zina.”  (HR. Al-Bukhari no. 2560 dan Muslim)

  • Riba Lebih Buruk Dari Zina

 Alasan mengapa riba diharamkan yang ketiga adalah karena riba lebih buruk dari zina. Dari Hanzhalah, Rasulullah bersabda, “Satu dirham yang didapatkan dari transaksi riba lantas dimanfaatkan oleh seseorang dalam keadaan dia mengetahui bahwa itu berasal dari riba dosanya lebih ngeri dari pada berzina sebanyak tiga puluh enam kali” (HR Ahmad).

  • Pelaku Riba Diancam Kekal di Neraka

Alasan mengapa riba diharamkan yang ketiga adalah karena pelaku riba diancam kekal di neraka. Allah berfirman, ”  Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila…………………. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.”

  • Maraknya Riba Mengundang Adzab Allah

Alasan mengapa riba diharamkan yang kelima adalah karena maraknya riba mengundang azab allah. Jika zina dan riba sudah menyebar di suatu kampung maka sesungguhnya mereka telah menghalalkan azab Allah atas diri mereka sendiri (HR al-Hakim, al-Baihaqi dan ath-Thabrani).

Nah, itulah 5 alasan mengapa riba diharamkan. Semoga kita bukan golongan orang- orang yang meremehkan dosa riba yang membianasakan.

.

.

.

.

.

DE PRIMA BONDOWOSO, PERUMAHAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI KOTA MALANG