KISAH INSPIRATIF: MASUK SURGA HANYA DENGAN MODAL PEMAAF

Rasulullah SAW pernah bercerita kepada para sahabat bahwa kelak di padang mahsyar ada seorang hamba yang diadili oleh Allah SWT. Kemudian Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk menimbang seluruh amalannya selama hidup di dunia. Dan tahukah anda? Ternyata hamba ini hampir tidak memiliki amal kebaikan, bahkan ia cenderung banyak melakukan dosa.

Tapi Allah SWT terus memerintahkan para malaikat untuk mencari amal kebaikannya selama di dunia, dan malaikat pun menemukan satu kebaikan dari hamba tersebut yakni selalu memaafkan kesalahan orang lain. Malaikat bercerita kepada Allah SWT bahwa hamba ini selalu lapang dada jika dihina dan disakiti orang lain. Malaikat juga bercerita kepada Allah SWT bahwa Hamba ini selalu memaafkan kesalahan orang-orang yang telah mendzoliminya dengan mendoakan kebaikan kepadanya.

Lantas apa yang Allah SWT katakan kepada para malaikat??? “Masukkan hambaku ini ke surga karena aku telah memaafkan semua dosa-dosanya sebagaimana ia telah memaafkan semua kesalahan saudaranya”

Masya allah… begitu adilnya Allah SWT kepada hambanya. Allah SWT memberikan balasan sesuai dengan jenis amal, jika kita ikhlas memaafkan kesalahan orang lain, maka Allah SWT juga ikhlas memaafkan kesalahan kita.  Sebaliknya, jika kita sulit memaafkan kesalahan orang lain, maka Allah SWT akan lebih sulit memaafkan kesalahan dan mengampuni dosa-dosa kita.

Rasululah SAW juga pernah bersabda yang intinya,

“Tidak akan sempurna iman seseorang sampai ia menyambung silaturahim kepada yang memutuskannya, sampai ia memberi kepada orang yang tidak pernah memberi kepadanya, sampai ia berbuat baik kepada orang yang tidak pernah baik kepadanya dan sampai ia memaafkan orang yang telah menghinanya”

Wahai saudaraku, lapangkanlah hatimu untuk memaafkan kesalahan orang lain, do’akan kebaikan kepada orang-orang yang telah menyakitimu. Dan semoga Allah SWT membalas kebaikanmu. Semoga bermanfaat.

.

.

.

.

.

DE PRIMA BONDOWOSO, PERUMAHAN ISLAMI PERTAMA, TERBESAR DAN TERLENGKAP DI BONDOWOSO

Email : deprimabondowoso@gmail.com
Instagram : @deprimabondowoso
Facebook : @HunianIslamiBondowoso