tips mendapatkan lailatul qodar

TIPS MENDAPATKAN LAILATUL QODAR

1. Jangan Menunda-Nunda

Malam seribu bulan ini hanya datang setahun sekali, ada baiknya kita mulai mempersiapkan diri. Jauhi kemalasan, buang-buang waktu agar tidak menyesal kemudian(Liputan6.com : 2016). “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR.Muslim : 1175)

2. Hafalkan Doa Khusus Ini

Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yaitu apabila ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam itu adalah malam lailatul qadar, lalu do’a apa yang harus kupanjatkan?” Jawab Rasul shallallahu alaihi wa sallam, “Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku) (HR. Tirmidzi : 3760). Malam Lailatul Qadar sangat singkat, manfaatkan malam ini sebaik-baiknya dengan mendoakan diri sendiri, keluarga , dan saudara-saudara kita yang menderita di seluruh dunia.

3. Beri’tikaf Demi Menanti Lailatul Qadar

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau. Inilah penuturan ‘Aisyah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dengan tujuan untuk mendapatkan malam lailatul qadar, untuk menghilangkan dari segala kesibukan dunia, sehingga mudah bermunajat dengan Rabbnya, banyak berdo’a dan banyak berdzikir ketika itu HR. Bukhari dan Muslim (dalam buletin.muslim.com).

4. Perbanyak Sholat Malam

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR. Bukhari : 1901)

5. Cobalah Hindari Akses Internet

Berfokus pada ibadah murni. Ingat, Lailatul Qadar merupakan malam terbaik. Lepaskan diri dari akses Internet (jika tidak mendesak) dan menghubungkan diri kepada Allah (SWT). Jika Anda melakukan I’tikaaf (berdiam diri di masjid), tidurlah antara setelah shalat Zhuhur dan Ashar (Liputan6.com : 2016).

6. Mengajak Keluarga

Jika telah mengetahui bagaimana keadaan malam Lailatul Qadar (dan keutamaannya) maka bangunlah (untuk menegakkan shalat) pada sepuluh malam terakhir, isi dengan ibadah dan menjauhi wanita, ajaklah isteri dan keluargamu untuk perbanyaklah perbuatan ketaatan. (Almanhaj.or.id)
“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila masuk pada sepuluh hari (terakhir bulan Ramadhan), beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya”. (HR. Bukhari : 2024 dan Muslim : 1174)

Sumber:

Bulletin.muslim. 2009. https://buletin.muslim.or.id/fiqih/menantikan-malam-lailatul-qadar

Almanhaj. 2004. https://almanhaj.or.id/1142-malam-lailatul-qadar.html

Liputan6. 2016. http://health.liputan6.com/read/2538332/5-tips-dapatkan-malam-lailatul-qadar